Wednesday, November 26, 2008

KEKUASAAN

kekuasaan tidak selalu berbanding lurus dengan struktur birokrasi ...!!

kompleksitas kekuasaan, jaringan, jangkauan kekuasaan dan jalinan sosial yang rumit membuat siapa yang paling bisa memanfaatkan situasi yang menang.

ada saatny menundukan kepala, tapi tidak jarang kita harus membusungkan dada.
-----------------------

kemarin, seorang kawan di penjara sakit keras, klinik LP tidak memadai, dia hanya dibiarkan tergeletak tak sadarkan diri.... keluarga sudah berkumpul sejak pagi di LP, hingga sore ijin cuti, untuk melakukan perawatan di RS yang lebih layak tidak keluar, semua prosedur formal sudah dilakukan, hanya jalan "uang" saja yang tidak dilakukan (bukan tidak mau ..tapi memang tidak ada..)

dari jam 10 pagi hingga 4 sore, belum ada kejelasan. terkesan dibiarkan agar keluar "pelicin". entah bagaimana tiba2 seorang kawan punya ide mengontak seorang ustad X (eks preman yang telah punya pesantren).

salah seorang dokter LP yang tahu hal tersebut berkata "ga ada hubungannya ustad X dengan LP !!" .. tapi tidak lama tiba-tiba Kalapas keluar ke ruang tunggu dan dengan gesit memerintahkan anak buahnya untuk segera menyelesaikan administrasi untuk rawat di RS.. hanya terdangar "siap komandan..siap komandan"

kurang dari stengah jam kawan yang sakit tadi sudah dipindahkan ke RS. satu nyawa selamat ...
bukan lewat jalan yang "biasa"....

No comments: